belajar ngeblog

Selasa, 12 Mei 2009

rpp pkn kelas x

PKN Kelas X Semester Genap

SK:

4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

KD:

4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

Indikator:

· Siswa mampu mengetahui sejarah terbentuknya Pancasila

· Siswa mampu merasakan suasana kebatinan terbentuknya Pancasila

· Siswa mampu memahami polemik piagam jakarta dan mengambil hikmah dari sejarah tersebut

Kegiatan Kelas:

  • Brai n storming, penugasan (internet research)

· Research dan Role play sidang penetapan Pancasila

· Debat pro piagam Jakarta dan pro perubahan

KD:

4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara

Indikator:

· Siswa mampu memahami hakikat konstitusi di setiap negara (sosialis, kerajaan, kapitalis, ketuhanan)

· Siswa mampu melakukan perbandingan konstitusi dari berbagai negara (sosialis, kerajaan, kapitalis, ketuhanan)

· Siswa mampu mengkritisi dan melakukan kajian konstruktif terhadap konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kegiatan Kelas:

· Library dan internet research

· Library dan internet research presentasi (power point)

· Constitution research dan presentation

· Library dan internet research

· Library dan internet research presentasi (power point)

· Constitution research dan presentation

KD:

4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

Indikator:

· Siswa mampu mengetahui isi pembukaan UUD 1945

· Siswa mampu memahami isi dan makna pembukaan UUD 1945 secara kontekstual

· Siswa mampu menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam struktur perundang-undangan

Kegiatan Kelas:

· Library research

· Analisa dan bedah pembukaan UUD 1945

· Library dan internet research

KD:

4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara

Indikator:

· Siswa mampu memahami aplikasi konstitusi secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari

· Siswa mampu menganalisis bagian-bagian dari konstitusi yang belum dilaksanakan secara maksimal

· Siswa mampu melakukan evaluasi diri terhadap kegiatan-kegiatan yang merupakan pengamalan konstitusi negara republin indonesia.

Kegiatan Kelas:

· Renungan dan diskusi interaktif

· Constitution research

· Renungan dan diskusi interaktif

SK:

5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

KD:

5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia

Indikator:

· Siswa mampu memahami konsep warga negara

· Siswa mampu memahami konsep pewarganegaraan

· Siswa mampu menganalisis undang-undang kewarganegaraan di Indonesia

· Siswa mampu menganalisis kasus anak hasil kawin campur dengan warga negara asing

· Siswa mampu memahami syarat-syarat menjadi warga negara Indonesia dan hal-hal yang menyebabkan lepasnya kewarganegaraan Indonesia

Kegiatan:

· Internet research

· Presentation

· UU Kewarganegaraan research

· Cases Study

· Ahmadiyah and PKI case, Museum walk activities

KD:

5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

Kegiatan:

· Siswa mampu memahami hak dan kewajiban warganegara

· Siswa mampu menganalisis kesenjangan perlakuan pemerintah terhadap warga negaranya

· Siswa mampu menunjukkan kasus-kasus ketidak adilan di Indonesia antara warga negara vs warga negara, pemerintah vs warga negara

· Siswa mampu menunjukkan peraturan-peraturan yang hanya menguntungkan salah satu golongn

· Siswa mampu menunjukkan aparat atau lembaga-lembaga yang sering berlaku tidak adil terhadap warga negara

· Siswa mampu memberikan solusi dari kasus-kasus di atas

Kegiatan:

· Internet/library research

· Kliping

· Analytical Cases

· Analytical Cases

· Debate Competition in the classroom

· Debate Competition grade X

KD

5.3 Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

Indikator

· Siswa mampu memahami keanekaragaman ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

· Siswa mampu mengklasifikasikan kebudayaan dan karakteristik masyarakat Indonesia

· Siswa mampu menunjukkan tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang berdasarkan perbedaan keanekaragaman ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

· Siswa mampu mengapresiasikan sikap positif terhadap teman yang berbeda ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

· Siswa mampu menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang kurang beruntung walaupun berbeda ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

Kegiatan:

· Making tribe profile

· Making Religion profile

· Making Gender profile based on local tradition

· Analyze against human right cases in Indonesia

· Appreciation day

· Appreciation day

SK:

6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

KD:

6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia

Indikator:

· Siswa memahami konsep supra struktur politik di Indonesia

· Siswa memahami konsep infra struktur politik di Indonesia

· Siswa memahami kinerja supra dan infra struktur politik di Indonesia

· Siswa memahami kelemahan kinerja supra dan infra struktur politik di Indonesia

· Siswa mampu memberikan solusi dalam upaya memperbaiki kelemahan supra dan infra struktur politik di Indonesia

Kegiatan:

www.kpu.go.id/peraturan_uu/uu_susduk.htm research


KD:

6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara

Indikator:

· Siswa mampu melakukan komparasi sistem politik di berbagai negara berdasarkan ideologi dan sistem pemerintahannya

· Siswa mampu menganalisa signifikansi antara sistem politik dengan kebijakan politiknya

· Siswa mampu menganalisa perbedaan ideologi partai dengan kebijakan politiknya ketika memimpin negara (studi kasus partai demokrat dan partai republik di USA, partai buruh dan partai republik di Australia)

· Siswa mampu menganalisa perbedaan kebijakan publik parpol pada waktu berkuasa (studi kasus PNI, Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat di Indonesia)

Kegiatan:

· Invite the ambassadors to the school

· Presentation report

· Invite political analyst keynote speaker

· Invite the representative of political party

KD:

6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

Indikator:

· Siswa mampu mengetahui nama-nama partai politik yang telah mengikuti pemilu tahun 2004

· Siswa mampu mengetahui ideologi partai politik serta program-program partai yang bersangkutan

· Siswa mampu menganalisa kelebihan dan kesesuaian ideologi partai politik dengan program-program yang merakyat

· Siswa mampu membuat partai politik yang dianggap paling sesuai dan dapat diterima oleh rakyat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda