rpp pkn kelas x
PKN Kelas X Semester Genap
SK:
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
KD:
4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
Indikator:
· Siswa mampu mengetahui sejarah terbentuknya Pancasila
· Siswa mampu merasakan suasana kebatinan terbentuknya Pancasila
· Siswa mampu memahami polemik piagam jakarta dan mengambil hikmah dari sejarah tersebut
Kegiatan Kelas:
- Brai n storming, penugasan (internet research)
· Research dan Role play sidang penetapan Pancasila
· Debat pro piagam Jakarta dan pro perubahan
KD:
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara
Indikator:
· Siswa mampu memahami hakikat konstitusi di setiap negara (sosialis, kerajaan, kapitalis, ketuhanan)
· Siswa mampu melakukan perbandingan konstitusi dari berbagai negara (sosialis, kerajaan, kapitalis, ketuhanan)
· Siswa mampu mengkritisi dan melakukan kajian konstruktif terhadap konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kegiatan Kelas:
· Library dan internet research
· Library dan internet research presentasi (power point)
· Constitution research dan presentation
· Library dan internet research
· Library dan internet research presentasi (power point)
· Constitution research dan presentation
KD:
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indikator:
· Siswa mampu mengetahui isi pembukaan UUD 1945
· Siswa mampu memahami isi dan makna pembukaan UUD 1945 secara kontekstual
· Siswa mampu menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam struktur perundang-undangan
Kegiatan Kelas:
· Library research
· Analisa dan bedah pembukaan UUD 1945
· Library dan internet research
KD:
4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
Indikator:
· Siswa mampu memahami aplikasi konstitusi secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari
· Siswa mampu menganalisis bagian-bagian dari konstitusi yang belum dilaksanakan secara maksimal
· Siswa mampu melakukan evaluasi diri terhadap kegiatan-kegiatan yang merupakan pengamalan konstitusi negara republin indonesia.
Kegiatan Kelas:
· Renungan dan diskusi interaktif
· Constitution research
· Renungan dan diskusi interaktif
SK:
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
KD:
5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
Indikator:
· Siswa mampu memahami konsep warga negara
· Siswa mampu memahami konsep pewarganegaraan
· Siswa mampu menganalisis undang-undang kewarganegaraan di Indonesia
· Siswa mampu menganalisis kasus anak hasil kawin campur dengan warga negara asing
· Siswa mampu memahami syarat-syarat menjadi warga negara Indonesia dan hal-hal yang menyebabkan lepasnya kewarganegaraan Indonesia
Kegiatan:
· Internet research
· Presentation
· UU Kewarganegaraan research
· Cases Study
· Ahmadiyah and PKI case, Museum walk activities
KD:
5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
Kegiatan:
· Siswa mampu memahami hak dan kewajiban warganegara
· Siswa mampu menganalisis kesenjangan perlakuan pemerintah terhadap warga negaranya
· Siswa mampu menunjukkan kasus-kasus ketidak adilan di Indonesia antara warga negara vs warga negara, pemerintah vs warga negara
· Siswa mampu menunjukkan peraturan-peraturan yang hanya menguntungkan salah satu golongn
· Siswa mampu menunjukkan aparat atau lembaga-lembaga yang sering berlaku tidak adil terhadap warga negara
· Siswa mampu memberikan solusi dari kasus-kasus di atas
Kegiatan:
· Internet/library research
· Kliping
· Analytical Cases
· Analytical Cases
· Debate Competition in the classroom
· Debate Competition grade X
KD
5.3 Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
Indikator
· Siswa mampu memahami keanekaragaman ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia
· Siswa mampu mengklasifikasikan kebudayaan dan karakteristik masyarakat Indonesia
· Siswa mampu menunjukkan tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang berdasarkan perbedaan keanekaragaman ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia
· Siswa mampu mengapresiasikan sikap positif terhadap teman yang berbeda ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia
· Siswa mampu menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang kurang beruntung walaupun berbeda ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia
Kegiatan:
· Making tribe profile
· Making Religion profile
· Making Gender profile based on local tradition
· Analyze against human right cases in Indonesia
· Appreciation day
· Appreciation day
SK:
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
KD:
6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
Indikator:
· Siswa memahami konsep supra struktur politik di Indonesia
· Siswa memahami konsep infra struktur politik di Indonesia
· Siswa memahami kinerja supra dan infra struktur politik di Indonesia
· Siswa memahami kelemahan kinerja supra dan infra struktur politik di Indonesia
· Siswa mampu memberikan solusi dalam upaya memperbaiki kelemahan supra dan infra struktur politik di Indonesia
Kegiatan:
www.kpu.go.id/peraturan_uu/uu_susduk.htm research
KD:
6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
Indikator:
· Siswa mampu melakukan komparasi sistem politik di berbagai negara berdasarkan ideologi dan sistem pemerintahannya
· Siswa mampu menganalisa signifikansi antara sistem politik dengan kebijakan politiknya
· Siswa mampu menganalisa perbedaan ideologi partai dengan kebijakan politiknya ketika memimpin negara (studi kasus partai demokrat dan partai republik di USA, partai buruh dan partai republik di Australia)
· Siswa mampu menganalisa perbedaan kebijakan publik parpol pada waktu berkuasa (studi kasus PNI, Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat di Indonesia)
Kegiatan:
· Invite the ambassadors to the school
· Presentation report
· Invite political analyst keynote speaker
· Invite the representative of political party
KD:
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
Indikator:
· Siswa mampu mengetahui nama-nama partai politik yang telah mengikuti pemilu tahun 2004
· Siswa mampu mengetahui ideologi partai politik serta program-program partai yang bersangkutan
· Siswa mampu menganalisa kelebihan dan kesesuaian ideologi partai politik dengan program-program yang merakyat
· Siswa mampu membuat partai politik yang dianggap paling sesuai dan dapat diterima oleh rakyat.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda